Musim Hujan

Di Bulan November ini, musim hujan segera tiba. Bahkan beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan hingga banjir. Salah satu wilayah yang beberapa hari ini diguyur hujan secara berkala adalah Jogja. Saat musim hujan, hal yang paling menyebalkan terjadi adalah kebocoran. Rumah yang diharapkan menjadi tempat berlindung dari air ketika diluar hujan tentu tak akan optimal fungsinya bila terjadi kebocoran. Untuk itu, sebelum Jogja secara rutin diguyur hujan, berikut ini kami berikan beberapa cara pencegahan kebocoran :

Cek Kemiringan Atap

Kondisi Atap rumah saat membangun rumah biasanya 30-40 derajat. Agar terhindar dari genangan dan kebocoran, kemiringan atap menjadi salah satu faktornya. Sebisa mungkin kurangi juga sambungan atap karena dari celah-celah inilah yang berpotensi mengalami kebocoran.

Cek Bubungan Atap

Bubungan merupakan penutup sisi antara pertemuan dua bidang atap pada puncak atap. Cek adakah retakan di bubungan ini. Jika ada, berikan kawat kasa lalu lapisi dengan cat waterproof. Namun, jika retaknya cukup besar, sebaiknya bobol bubungan yang retak lalu ganti, plester kembali.

Cek Plafon & Kayu

Jika dulu bagian atap sempat bocor, cek juga plafonnya barangkali plafon yang basah menjadi lapuk dan rawan untuk roboh. Cek juga kayu yang terkena bocoran air hujan tersebut, apakah lapuk juga karena rayap dan semacamnya.

Cek Asbes

Bagi kamu yang punya atap asbes, yang penyambungannya menggunakan paku baut, pastikan dari paku itu tidak mengakibatkan kebocoran karena air rembesan lubang celah paku.

Musim Hujan
Cek Kondisi Rumah Sebelum Musim Hujan Tiba
Gbr : buildernews.in.th

Cek Talang Air Hujan

Tak hanya atap, dinding juga bisa lembab karena rembesan air hujan. Rembesan ini biasanya terjadi karena talang air yang bocor atau pecah. Sebelum mengatasi rembesan dinding, sebaiknya cek dulu talang air, pastikan dalam keadaan baik. Jika retak, tambal atau ganti dengan yang baru. Setelah talang teratasi, beralihlah ke dinding yang rembes dengan memberinya weathershield agar tidak jamur karena rembes. Tetapi jika sudah ada jamur, tinggal kerok dan cat kembali dengan weathershield.

Cek Listrik

Kabel teraliri listrik sangat berbahaya terutama saat musim hujan tiba. Untuk itu, cek segala yang terkait listrik seperti kabel listrik maupun pembungkusnya, lampu dan sebagainya. Listrik sangat berbahaya karena air merupakan pengantar listrik yang baik. Untuk itu, bila ada kabel terbuka sangatlah berbahaya terutama jika terkena air.

Meskipun listrik rumahmu aman-aman saja, namun bila daerahmu rawan banjir, jika kamu ingin meninggalkan rumah, sebaiknya cabut segala peralatan listrik, lalu letakkan alat elektronik ke tempat yang tinggi.

Lalu, bila rumahmu terkena banjir dan kondisinya telah membaik, peralatan listrik ini sebaiknya betul-betul dikeringkan terlebih dahulu baru bisa dipergunakan kembali.

Sumber : tribunnews.com (Dengan penambahan)

Itulah artikel mengenai Tips Mengontrol Keungan Saat Membangun Rumah . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

One Thought on “Cek Rumah Sebelum Musim Hujan Tiba”

Leave a Reply

Your email address will not be published.