Denah Rumah Layout Oleh Pemborong di Jogja

Pemborong di Jogja – Memikirkan akan memiliki rumah sendiri memang terkesan menarik. Dimana Anda akan tinggal, bagaimana lingkungan sekitar saat Anda membesarkan anak-anak Anda nantinya, memilih rumah yang tepat merupakan keputusan yang cukup sulit. Dari ukuran dan bentuk layout rumah Anda nantinya, dimana tiap ruang berada, akan mempengaruhi seberapa menikmatinya Anda untuk tinggal dirumah bersama keluarga. Berikut ini kami berikan informasi bagaimana caranya menentukan denah rumah sebelum Anda membangunnya nanti :

Tentukan luasan rumah yang akan dibangun

Tidak setiap keluarga membutuhkan rumah yang luas. Namun, tidak tiap orang juga nyaman tidur di kamar yang sempit. Merencanakan denah rumah yang tepat harus dimulai dengan seberapa luas rumah Anda dengan gaya hidup Anda sekeluarga. Tentukan berapa banyak kamar tidur yang Anda butuhkan untuk anak-anak dan Anda sendiri tentunya, dan berapa banyak kamar mandi yang cukup mengakomodasi kebutuhan keluarga dan tamu yang datang. Luas rumah haruslah menjadi yang paling pertama dipikirkan.

Pilih denah rumah berdasarkan style

Setiap pemilik rumah memiliki style mereka sendiri dan memilih denah yang sesuai sangatlah penting. Apakah Anda termasuk yang tradisional dan memilih denah rumah dimana tiap ruang dibatasi oleh dinding, ataukah termasuk yang modern dimana Anda lebih suka dengan konsep rumah terbuka (open plan). Tentukan juga furnitur yang akan Anda gunakan dan bagaimana Anda akan mendekorasi rumah tersebut.

Jendela dan Pintu Kaca Besar Layout Rumah
Jendela & Pintu Kaca Besar | Gbr : Proyek RekaPersada

Tentukan tipe rumah seperti apa yang cocok dengan lokasi tersebut

Tergantung pada dimana Anda tinggal akan menentukan juga seperti apa rumah Anda nantinya. Misalnya rumah di area pinggir kota dengan luas yang cukup besar untuk satu keluarga mungkin cocok bila dibangun rumah dengan halaman di depan dan belakang rumah dengan beberapa pohon besar. Namun berbeda bila lokasi rumah Anda nanti ditengah kota dengan luas tak terlalu besar. Dengan keadaan seperti ini, memiliki banyak pohon besar mungkin akan terlalu memakan banyak space bagi rumah Anda, sehingga tak terlalu cocok diterapkan. Anda bisa memilih membuat rumah dengan 2 lantai atau lebih untuk cukup menampung seluruh kebutuhan ruang bagi keluarga Anda.

Memahami kelebihan & kekurangan denah rumah Anda tersebut

Tidak ada layout denah rumah yang sempurna. Selalu akan ada kelebihan dan kekurangannya dan Anda perlu menentukan apa prioritas Anda, manakah yang perlu ada dan tidak. Misalnya Anda ingin memiliki ruang tamu besar dengan jendela besar pula yang tujuannya dapat memasukan cahaya alami sinar matahari yang cukup banyak, namun pertimbangkan apakah Anda ingin memasang AC disana? berapa AC yang dapat mendinginkan ruang tamu besar tersebut? Sudahkah siap dengan tagihan listrik perbulannya? Hal-hal seperti ini yang awalnya terkesan sepele namun perlu juga dipertimbangkan.

Tentukan kegunaan tiap ruang di awal sebelum pembangunan

Ketika menentukan denah rumah, pastikan keputusan Anda itu sesuai secara fungsionalnya untuk kegiatan sehari-hari Anda. Misalnya saat Anda pilih membuat kamar mandi di dekat ruang tamu, dengan alasan agar saat tamu yang ingin mampir ke kamar mandi, mereka tak perlu jauh pergi ke belakang. Alasan seperti itu memang benar, namun Anda harus berhati-hati menentukan pintu masuk kamar mandi berada dimana, karena tentu Anda tak ingin ketika masuk pertama kali kerumah, yang pertama kali menyambut tamu adalah kamar mandinya kan?

Denah Rumah Layout Cara Membuat Pemborong di Jogja
Contoh Denah Rumah Lt 1 | Gbr : Denah Proyek RekaPersada

Minta tolong ke profesional

Meskipun Anda sudah tahu apa yang diinginkan, seorang profesional dapat membantu Anda melihat hal yang mungkin tak Anda ketahui. Faktor-faktor seperti biaya, fungsionalitas, efektifitas ruang, dan sebagainya tentu mereka lebih tahu dan lebih berpengalaman.

Gunakan instingmu

Mengingkat ini rumah Anda sendiri, gunakan instingmu untuk merasakan apakah ini sudah cocok atau belum. Misalnya saat menentukan dimana kamar utama diletakkan. Apakah diletakkan di depan karena ingin dekat dengan ruang keluarga? Atau jauh di belakang, agar privasi Anda tak terganggu? Ini hanya Anda yang bisa memutuskan.

Pakai furniture baru atau bekas

Ketika memikirkan tentang denah/layout rumah, ternyata selain itu juga ada yang cukup penting dipikirkan yaitu apakah akan menggunakan furnitur baru atau yang sudah Anda punya. Saat akan menggunakan furnitur lama, tentu harus dipikirkan apakah pas ukurannya dengan yang di rumah baru. Begitu pula bila akan beli yang baru, furniture seperti apa dan ukuran berapa yang pas dipasang dirumah baru nantinya. Intinya cari yang pas, karena furniture yang terlalu besar, yang tak sesuai dengan ruang yang terlalu kecil akan membuat kesan ruang tersebut semakin kecil lagi.

Sesuaikan budget

Setiap keinginan pasti ada konsekuensinya termasuk denah rumah yang Anda inginkan. Tanyakan kepada jasa profesional, denah seperti apa yang pas dengan budget yang Anda miliki.

Renovasi layout/denah rumah

Memang sebaiknya denah rumah sudah Anda tentukan sebelum membangunnya, namun bila masih bingung, menambahkannya saat Anda membutuhkan ternyata bisa saja dilakukan. Misalnya Anda memiliki rumah 2 lantai yang besar, kedepannya lantai atas akan digunakan sebagai kontrakan namun itupun belum pasti keputusannya. Daripada bingung, buatlah ruang di lantai atas tersebut tanpa sekat. Saat Anda sudah akan menyewakan kontrakan tersebut, Anda bisa membuatnya memiliki sekat dari bahan dinding gypsum misalnya.

Bila dari beberapa poin diatas tidak memungkinkan untuk merencanakan denah rumah keinginan Anda, coba tanyakan saja pada jasa Pemborong di Jogja yang dapat membantu Anda menyeimbangkan kebutuhan dan ketersediaan dana yang Anda miliki.

Dengan jasa pemborong di Jogja Reka Persada, Anda juga bisa menyewa jasa mereka mulai perencanaan seperti denah, 3d, perhitungan RAB hingga pelaksanaan pembangunan rumah Anda tersebut. Bekerjasama dengan jasa pemborong di Jogja tentu akan memberikan kemudahan bagi Anda karena ditangani sesuai oleh ahlinya, Anda tak perlu bingung menentukan bagaimana denah rumah tersebut, konsultasikanlah dengan mereka.

Itulah artikel mengenai Cara Tepat Menentukan Denah Rumah Sendiri? Anda punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah, desain interior di Jogja dengan Arsitek Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.