Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Agar Tetap Sejuk di Musim Kemarau – Saat ini, bulan Desember di Indonesia memang sedang musim hujan, setelah musim hujan tentunya ada musim kemarau. Lalu, tak ada salahnya kan sekarang kami berikan tips yang berguna di musim kemarau nanti?

Ketika musim kemarau, kita tentu harus selalu terbiasa dengan keringat dan udara panas di siang hari. Saat seperti itu, AC sepertinya sudah menjadi sahabat kita sehari-hari. Padahal, penggunaan pendingin ruangan (AC) turut menyumbang pertumbuhan permintaan listrik yang sangat besar di Indonesia. Maka, efisiensi penggunaan AC sangat penting dilakukan guna kebaikan lingkungan juga. Berikut ini beberapa cara agar tetap sejuk di musim kemarau yang panas meski tanpa menggunakan AC :

Tutup Rapat Pintu & Jendela Agar Rumah Sejuk Tanpa AC
Tutup Rapat Pintu & Jendela | Gbr : Proyek Reka Persada

Tutup Pintu Rumah
Menutup pintu adalah cara paling sederhana dan efisien untuk memastikan panas di luar rumah tidak masuk kedalam, ke setiap ruangan. Memang terkesan sangat sederhana, namun hanya menutupnya misal sekedar tirai saja, kamu bisa mencegah hawa panas yang tak diinginkan dan mengurangi penggunaan AC. Selain itu kamu juga bisa gunakan tirai gelap untuk benar-benar menangkal rumahmu dari suhu panas, atau jika tidak ada angin lebih baik menutup jendela sekalian.

Rumah Dengan Banyak Tanaman Hijau Di Halamannya
Rumah Dengan Banyak Tanaman Hijau Di Halamannya | Gbr : Proyek Reka Persada

Go Green
Go Green berarti mengubah gaya hidup menjadi lebih eco-friendly atau ramah lingkungan. Menjadi lebih sadar akan lingkungan sekitar dengan mengubah gaya hidup kita. Kamu mungkin saja meletakkan tanaman indoor hanya sekedar untuk estetikanya saja, padahal jika kamu memilih tanaman yang benar, selain indah, tanaman indoor tersebut juga dapat membantu mengurangi rumah dari udara panas.

Tanamlah beberapa tanaman yang cepat tumbuh, yang bisa berfungsi untuk berlindung dari panas. Untuk rencana jangka panjang, jika kamu memiliki cukup minat pada tanaman, tanyakan pada tukang tanaman di sekitar rumahmu tentang tanaman apa yang baik untuk ditanam didaerahmu (biasanya tiap daerah memiliki jenis tanah yang cukup berbeda), lalu belilah bibitnya dan tanamlah di halaman rumahmu.

Timer AC
Timer Ac

Gunakan Aplikasi Timer
Jika menggunakan AC sudah memang suatu keharusan dan tak bisa ditawar lagi, perhatikan baik-baik penggunaannya. Gunakan secara bijak, pasang aplikasi remote AC pada smartphone mu. Lalu, pasang timer (Alat Pengukur Waktu) agar mati secara otomatis setelah beberapa menit dinyalakan, agar ketika kamu keluar rumah dan lupa mematikannya, AC bisa mati secara otomatis, namun ini hanya bisa digunakan bila terdapat fasilitas tersebut pada AC mu. Jika tidak ada fasilitas ini, kamu bisa menggunakan digital timer (dibeli secara terpisah) yang dipasang pada AC.

 

Kipas Angin Agar Tetap Sejuk di Musim Kemarau
Kipas Angin | Gbr : pxhere.com

Gunakan Kipas Angin
Pilihlah kipas angin dibanding AC, karena penggunaan listrik pada kipas jauh lebih rendah daripada AC, bahkan bila kamu menggunakannya sepanjang hari, sehingga lebih hemat. Selain itu, kipas angin juga lebih efektif daripada yang kamu pikirkan. Jika hanya angin dan terasa kurang dingin bagimu, bisa disiasati dengan trik ini yaitu isi mangkuk dengan es batu, lalu letakkan didepan kipas angin. Cara ini selain murah juga tetap dapat mendinginkan ruangan sekaligus memberikan angin segar.

Rencanakan Masa Depan
Tips ini menuntut kita untuk berpikir lebih jauh ke masa depan, yaitu dengan cara berpindah rumah ke daerah yang memang tidak terlalu panas jika terjadi musim kemarau. Kami contohkan, tinggal di daerah yang dekat dengan garis khatulistiwa, tentu akan terasa lebih panas dibanding tempat lain yang jauh dari garis khatulistiwa. Hal ini disebabkan oleh matahari yang terus bersinar diatas garis khatulistiwa.

Pertimbangkan Saat Menggunakan Peralatan Tertentu
Saat didalam rumah di musim kemarau, sebaiknya pertimbangkanlah saat menggunakan perabot tertentu yang berkaitan dengan memancarkan panas misalnya menggunakan kompor, setrika, dan sebagainya. Ketika menggunakannya terus menerus tentu didalam rumah akan terasa lebih panas dibanding tak menggunakannya sama sekali.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Praktis Tanpa AC Namun Tetap Sejuk di Musim Kemarau. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.