Tanaman Hias di Taman Rumah

Tips Rumah Sehat – Membuat nyaman sebuah rumah bisa dari berbagai hal misalnya seperti dari sisi dekorasi apa saja yang disukai, suasana, lingkungan bahkan dari sirkulasi udara didalam dan diluar rumah itu sendiri. Dengan udara yang segar, selain membuat penghuni lebih sehat juga dapat menikmati waktu dirumah secara maksimal dan menyenangkan. Untuk mendapatkan rumah sehat yang berdampak pada kesehatan penghuninya juga, ternyata tak harus menyewa jasa professional, kamu juga bisa melakukannya sendiri, berikut ini cara mudahnya :

Rajin Bersihkan Rumah

Rumah yang sehat tentunya selalu bersih. Untuk mendapatkan rumah yang bersih hal paling utama adalah sering-sering membersihkannya. Jika kamu biasanya hanya rutin bersih-bersih di area yang terlihat oleh tamu saja, untuk mendapatkan rumah sehat mulai sekarang kamu juga harus rutin membersihkan ruang kamar karena inilah tempat dimana kamu beristirahat dan segar kembali di pagi hari karena kebersihan kamar juga mempengaruhi kualitas tidur kamu, yang berefek pada kualitas kesehatan kamu.

pintu kayu
Buka Jendela Di Pagi Hari

Rutin Buka Jendela

Jika dirumahmu banyak jendela, buka tiap hari sedari pagi. Jendela ini berfungsi sebagai sirkulasi udara. Biarkan udara pagi masuk ke rumah menggantikan udara yang kurang bagus. Selain sirkulasi udara yang lancar membuat rumah lebih sehat, tempat tidur maupun sofa di rumahmu juga dapat berkurang resiko terkena kutu dan semacamnya karena udara didalam rumah tidak lembab.

Kurangi Barang Elektronik

Agar pikiran lebih tenang, sebaiknya kurangi barang elektronik yang sekiranya tak terlalu diperlukan. Karena barang elektronik yang terlalu banyak di tempat tidur misalnya handphone, tv dan sebagainya dapat mengurangi kualitas tidur kita yang disebabkan oleh radiasi yang ditimbulkannya. Selain itu waktu tidur kamu juga bisa berkurang akibat terganggu karena penggunaan alat-alat elektronik itu sendiri.

Ganti AC Dengan Kipas Angin

Jika memungkinkan kurangi penggunaan AC, sebaiknya gunakan kipas angin saja. Mengapa? Ini disebabkan oleh cara penggunaan AC yang biasanya dapat bekerja maksimal mendinginkan ruangan bila tertutup rapat. Padahal itu artinya udara dalam ruangan tersebut hanya berputar-putar di area itu saja dan bukan hal tak mungkin malah turut menyebarkan virus penyakit di satu ruangan tersebut. Selain dari sisi udara yang tak menjamin kebersihannya, terlalu sering berada di ruangan ber-AC juga membuat kulit lebih cepat kering yang menyebabkan keriput jika berlebihan. Untuk itu, coba beralihlah ke kipas angin. Kamu masih bisa membuka jendela maupun pintu dan tetap mendapatkan angin sejuk dari kipas itu sendiri.

Tanaman Hias di Taman Rumah Buat Rumah Sehat dan Segar
Tanaman Hias di Halaman Rumah | Gbr : Pinterest

Beri Tanaman Hias Dalam Rumah

Cara yang cukup efektif membuat rumah sehat dan memberikan kesegaran mulai dari udara hingga hijaunya tampilan sebuah ruangan adalah memberikan tanaman hias. Pastikan memilih tanaman yang benar untuk interior seperti tanaman lidah mertua, sirih gading dan sebagainya yang selain menyegarkan ruangan juga bermanfaat untuk membersihkan udara didalam rumah. Selain didalam rumah, jika memungkinkan beri juga tanaman hias untuk halaman rumah kamu.

Buang Sampah Segera

Jangan biarkan sampah terlalu lama berada di dalam rumah karena selain menimbulkan bau tak sedap, sampah yang menumpuk terlalu lama dapat menyebarkan kuman penyakit. Terutama bagi kamu yang suka memasak, biasakan sampah basah dari dapur untuk segera dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Hati-hati Memelihara Hewan

Bagi sebagian orang, memelihara kucing maupun anjing memang dapat mengurangi stress pikiran yang timbul dari berbagai macam hal misalnya pekerjaan. Namun bila hewan-hewan tersebut kamu pelihara di dalam rumah, sebaiknya berhati-hatilah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya mulai dari bulu yang bisa beterbangan dan mengendap dimana saja seperti di karpet, bantal dan sebagainya dan juga kebersihan dari kotorannya.

Minimalisir Rokok di Rumah

Agar rumah menjadi sehat dan selalu segar, sebaiknya hindari dari kegiatan merokok terutama di dalam rumah. Asap rokok yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia ini selain dapat meninggalkan aroma yang tidak sedap pada baju dan barang-barang sekitarnya, juga dapat mengurangi kesegaran ruangan. Bila tak memungkinkan untuk menghentikan kebiasaan merokok untukmu maupun tamu yang datang kerumahmu, setidaknya sediakan mereka tempat untuk merokok diluar rumah yang cukup jauh dari jangkauan orang lain terutama anak-anak yang beresiko menghirup udaranya.

Itulah artikel mengenai Cara Mudah Buat Rumah Sehat & Sejuk. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.