Pembangunan Rumah 1 Lantai

Memilih tinggal di rumah sewa memiliki berbagai keterbatasan, terutama terkait dengan perbaikan dan perubahan fisik rumah. Biasanya, pemilik rumah hanya bertanggung jawab terhadap kerusakan rumah di hari-hari awal serah terima sewa rumah dilakukan. Tergantung pada kesepakatan awal oleh pemilik rumah dengan penyewa. Namun mayoritas penyewa rumah diberikan beberapa batasan terkait pengelolaan rumah itu sendiri. Berikut ini hal umum yang biasanya boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat tinggal di rumah sewa :

Jangan mengecat secara berlebihan (Pastikan ijin dulu sebelum mengecat rumah)

Terkadang penyewa rumah sebelum kamu, jika dalam kondisi tak akur dengan pemilik rumah, akan mengatakan kepada pemilik rumah seperti “rumah ini aku tinggal dalam keadaan yang lebih baik daripada dulu saat pertama kali aku tinggali” saat mengembalikan rumahnya. Padahal yang mereka lakukan misalnya hanya sekedar mengecat rumah tersebut dengan warna merah menyala yang belum tentu orang lain juga menyukainya. Sebaiknya jangan lakukan hal ini. Sebagai penyewa rumah, meski kewajiban membayar rutin perbulan atau pertahunnya kamu lakukan, kamu tak bisa seenaknya sendiri melakukan berbagai hal pada rumah tersebut. Ijinlah dulu kepada pemilik rumah.

Tanaman Hias di Halaman Rumah
Tanaman Hias di Halaman Rumah | Gbr : Pinterest 

Jangan mengganti tanaman seenaknya

Terkadang, penyewa rumah berpikir bahwa mengubah tanaman awal dengan tanaman kebun/sayur yang sama sekali berbeda akan menjadi lebih baik. Padahal faktanya, tak semua pemilik rumah menginginkan hal itu. Ada juga pemilik rumah yang tipe orangnya tak fleksibel, jadi tanaman yang dipasang oleh mereka sudah terasa yang paling baik, dan tak ingin ada perubahan sedikitpun terkait hal itu.

Kamar Mandi Dengan Toilet Duduk
Kamar Mandi Dengan Toilet Duduk | Gbr : Proyek Reka Persada 

Jangan merenovasi secara drastis

Perjanjian sewa rumahmu seharusnya juga mencakup hal apa saja yang boleh diubah pada rumah tersebut. Misalnya pemilik rumah tak tahu kamu mengubah kipas angin dengan AC. Yang biasa terjadi adalah, pemilik rumah memang heran dengan peningkatan tersebut, namun bila AC kamu tinggalkan saat habis kontrak, mereka juga tak ingin mengganti biaya pembelian AC maupun perubahan-perubahan yang kamu lakukan saat waktu sewamu habis nanti. Sebaliknya, jika kamu ingin membawa pulang AC yang kamu beli, otomatis kamu harus memperbaiki dan mengembalikan beberapa perubahan kecil yang kamu lakukan misalnya dengan mengaci, mengecat lagi dan sebagainya seperti saat kamu pertama kali menyewanya. Itu hanya contoh perubahan kecil, bagaimana dengan mengganti kabinet, menata ulang kitchen set dan meningkatkan fungsi kamar mandi seperti mengganti toilet jongkok dengan toilet duduk? Jika kamu ingin lakukan ini, konsultasikan dulu dengan pemilik rumah, buatlah kesepakatan jika waktu sewa rumahmu habis.

Paku Dinding Untuk Menggantung Lukisan di Rumah Sewa
Paku Dinding Untuk Menggantung Lukisan | Gbr : themanual.com 

Hati-hati saat menggunakan palu

Pemilik rumah biasanya membiarkan beberapa gambar digantung, pasang hiasan dinding, tirai dan semacamnya. Namun untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya kurangi pemasangan hiasan dinding yang menggunakan palu, artinya kurangi memasang paku di dinding jika tak benar-benar memerlukannya.

Bukan bermaksud untuk mencegahmu mendekorasi ruang, namun bekas paku pada dinding tak akan hilang jika tak diberi semen penutup dan dicat kembali. Artinya, saat kamu mengembalikan rumah sewaan ini nantinya, kamu harus siap dengan konsekuensi harus mengembalikan dinding ini mulus seperti sebelumnya.

Bantu untuk turut menjaga rumah sewa tersebut

Pemilik rumah memang yang paling berhak dan bertanggung jawab pada rumahnya sendiri. Akan tetapi, kamu sebagai penyewa rumah juga turut bertanggungjawab terkait rumah yang kamu huni pula. Artinya, jika ada sesuatu yang rusak, ungkapkan saja ke pemilik rumah namun jangan pula menggantungkan semuanya kepada mereka, toh kamu yang sehari-harinya menggunakan rumah tersebut, tak ada salahnya jika kamu turut membantu memperbaiki kerusakan itu dan turut merawat rumah dan seisinya. Contoh kecilnya adalah jika ada kebocoran atap karena genting melorot, sebaiknya segera perbaiki, jangan kamu biarkan begitu saja terus menerus padahal solusinya mudah, tinggal menggeser genteng yang melorot saja. Akibat kamu biarkan bocor ini terjadi, efek dari hujan yang masuk ke rumah bisa melebar misalnya mengenai kayu, jadi kayu cepat lapuk, kena plafon bisa basah dan rubuh, intinya efek lebih besar bisa timbul bila kita tak merawat rumah tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel Berhati – hati Lakukan Hal Ini Saat Tinggal di Rumah Sewa. Jika Kamu ingin bangun rumah dengan menggunakan jenis lantai semen seperti diatas, atau ingin renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.