Dinding Rumah Retak

Membeli rumah bekas adalah salah satu dari bebrapa hal yang bisa menjadi alternatif jika kamu ingin segera memiliki rumah. Dengan membeli rumah bekas artinya kamu turut juga membeli lahan yang dipakainya. Namun jika kamu ingin membeli rumah bekas, tentu banyak yang harus dipertimbangkan sebelum melakukannya karena hal ini berbeda jika kamu membeli rumah baru dibangun.

Jika rumah baru tentu material yang dipakai masih tergolong baru, berbeda dengan rumah bekas yang lebih rentan mengalami kerusakan, terlebih jika rumah itu sudah pernah ditinggali oleh penghuni sebelumnya dalam waktu yang lama. Untuk itu, sebelum membelinya pastikan kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu cek secara langsung :

Cek Rumah Bekas Adakah Dinding Rumah Yang Retak
Dinding Rumah Retak | Gbr : klikmjm.com

Cek Kualitas Bangunan

Semakin tua rumah bekas yang akan kamu beli, maka semakin menurun pula kualitas bangunannya. Hal pertama yang bisa dilakukan untuk tahu kualitas bangunan adalah dengan melihat apakah ada tanda-tanda keretakan di dinding, kerusakan pada area plafon hingga cek kebocoran atap. Pastikan tidak ada kerusakan yang tak terdeteksi, untuk itu cek juga saluran/pompa air, jaringan listrik, pencahayaan, dan sebagainya.

Pertimbangkan Biaya Renovasi

Jika ada temanmu yang lebih mengerti tentang bangunan, misalnya seorang arsitek atau semacamnya sebaiknya ajak saat kamu mengecek rumah tersebut. Selain dapat melihat kerusakan bangunan secara lebih rinci, seorang arsitek biasanya dapat menilai kelayakan bangunan dibandingkan dengan harga beli yang ditawarkan penjual rumah. Arsitek biasanya juga bisa memperkirakan bagian mana saja yang mungkin perlu direnovasi dan apakah bangunan tersebut cukup worth it untuk dibeli dengan mempertimbangkan biaya direnovasi ditambah harga beli rumah tersebut.

Kondisi Sekitar Rumah

Cek kondisi di sekitar rumah yang akan kamu beli, apakah rawan banjir, gempa, longsor dan sebagainya. Tak mengapa jika kamu tetap ingin membeli rumah di kawasan seperti itu, tetapi pastikan kamu sudah paham resiko dan konsekuensi dari bencana tersebut misalnya seperti memastikan bahwa pondasi bangunan apakah sudah dirancang tahan bencana atau tidak, jangan sampai kamu merasa dirugikan saat membeli rumah itu nanti.

Gunakan Jasa Konsultan

Meski membeli rumah akan sedikit lebih murah jika tanpa menggunakan perantara, namun untuk membuat pemilihan rumah dan memproses pembeliannya dengan lebih cepat kamu sebaiknya menggunakan jasa konsultan rumah karena biasanya mereka sudah memiliki koneksi luas yang membuatmu bisa lebih mudah mencari rumah yang sesuai dengan budget maupun keinginanmu.

Cek Legalitas

Agar tak mengalami masalah di kemudian hari saat rumah sudah jadi milikmu, cek secara teliti legalitas rumah tersebut seperti IMB, SHM dan sebagainya. Pastikan pula rumah itu tidak didirikan di atas tanah sengketa.

sumber : kompas.com

Terima kasih telah membaca artikel Ingin Beli Rumah Bekas? Pertimbangkan Hal Ini Dulu!. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.