Renovasi Sekat Ruangan Kantor

Kesalahan Umum Renovasi Rumah – Merenovasi rumah adalah kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan. Tak peduli renovasi kecil, sedang atau benar-benar mengubah rumah secara keseluruhan, tak bisa dipungkiri bahwa memilih warna, material, memilih furnitur maupun aksesoris penghias rumah merupakan hal yang asyik untuk dilakukan. Akan tetapi, tanpa perencanaan matang dengan pilihan yang bijak dan tanpa daftar prioritas yang benar maka renovasi akan menjadi kacau dan membuat kecewa pada hasil akhirnya.

Berikut ini 7 kesalahan umum yang biasa dilakukan seseorang yang melakukan renovasi rumah dan cara menghindarinya :

Kesalahan Umum Renovasi Bak Cuci Piring Dengan Finishing Warna Emas Pada Kran
Bak Cuci Piring Dengan Finishing Warna Emas Pada Kran | Gbr : pinterest

1. Memilih peralatan dengan finishing khusus
Menggunakan seperangkat bak cuci, handle pintu unik dan perlengkapan lampu warna-warni yang mengikuti trend mungkin terasa menarik. Misalnya memilih bak cuci piring dengan keran berwarna emas, handle pintu berwarna pink keemasan memang terlihat memukai, namun ketika tren-nya sudah lewat hal-hal yang diubah karena mengikuti tren terakhir tadi tak terasa menarik lagi karena tren berganti begitu cepat. Untuk menggantinya lagi-pun butuh biaya yang tak sedikit. Lebih baik, pilihlah berbagai hal yang timeless (tak lekang waktu) seperti bahan stainless, warna chrome, hitam maupun putih.

Kesalahan Umum Renovasi Kabinet Kustom Untuk Printer
Kabinet Kustom Untuk Printer | Gbr : pinterest

2. Kabinet kustom untuk peralatan teknologi
Teknologi berkembang begitu pesat. Jadi, sebenarnya tak ada gunanya mengeluarkan uang hanya sekedar untuk membuat kabinet yang sesuai dengan peralatan yang kamu miliki dirumah yang kapan saja bisa tak terpakai lagi karena ukuran, bentuk dan style yang berkembang. Misalnya kamu membuat kabinet dengan ukuran tertentu yang pas untuk printer yang kamu punya, padahal beberapa bulan kemudian printer yang kamu miliki bisa rusak, dan kamu harus membeli printer lain dengan ukuran yang berbeda, otomatis kabinet lama tak bisa digunakan lagi. Untuk itu, sebaiknya pilih kabinet yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan mudah disesuaikan.

Kesalahan Umum Renovasi Keramik Dinding Dengan Gambar Motif Khusus Ikut Tren
Keramik Dinding Dengan Gambar Motif Khusus Ikut Tren | Gbr : pinterest

3. Menggunakan keramik bergambar
Lantai keramik adalah bagian lantai ataupun dinding yang permanen, dan keramik bergambar biasa digunakan di lantai maupun dinding. Sebaiknya pilih keramik yang warna atau motifnya natural dan timeless daripada memilih keramik yang bergambar dan sedang nge-trend mengingkat tren cepat berganti, dan bila telah melewati masa tren, keramik terpasang akan terasa kuno. Untuk menggantinya dengan yang lain-pun butuh biaya tak sedikit.

Reovasi Pembuatan Kamar Mandi
Renovasi Pembuatan Kamar Mandi | Gbr : Proyek Reka Persada

4. Renovasi seketika setelah pindah
Setelah pindah ke rumah yang baru kamu beli, biasanya ada satu atau beberapa hal yang tak kamu sukai dari bagian rumah tersebut. Hal ini akan membuatmu merenovasi rumah tersebut sesegera mungkin. Padahal sebaiknya kamu tinggal dulu beberapa saat di rumah itu misalnya selama beberapa bulan untuk terbiasa dengan rumah tersebut. Setelah itu, kamu bisa memutuskan bagian rumah mana yang perlu direnovasi. Dengan cara ini, kamu akan lebih tahu benar mana yang memang perlu kamu ubah dan perbaiki agar rumah lebih fungsional untukmu dan keluarga.

Bathtub Kamar Mandi
Bathtub Kamar Mandi | Gbr : Pinterest

5. Membuang bathtub kamar mandi
Saat membeli rumah baru terkadang pada kamar mandi utama terdapat bathtub. Meskipun kamu dan keluargamu memilih untuk menggunakan shower dibandingkan bathtub, sebaiknya pikirkan dulu apakah memang sebaiknya dibuang atau tidak. Pikirkan apakah rumah itu akan kamu jual kembali? Jika ya, sebaiknya jangan terburu-buru membuang bathtub karena biasanya orang yang memiliki anak memilih memiliki bathtub daripada sekedar shower.

6. Tidak mendapatkan tampilan yang diinginkan
Membeli barang atau furnitur tak teliti dan memasangnya berharap mendapatkan tampilan sesuai yang kamu inginkan sepertinya bukan hal mudah. Sebaiknya jangan beli berbagai macam banyak barang sekaligus. Pilihlah bertahap misalnya dimulai dengan warna cat ruang yang kamu suka, kemudian pilih aksesoris yang akan kamu gunakan di ruang tertentu, contoh tampilan gambar ruang yang diinginkan (bisa didapat dari internet, majalah, dsb) dan style apa yang kamu inginkan pada rumahmu. Membeli secara bertahap akan membuatmu membeli barang secara lebih bijak dan kamu juga lebih tahu mana yang sebaiknya kamu beli.

7. Tidak mengutamakan fungsi
Sebelum mulai mengutak-atik rumahmu, sebaiknya kamu harus paham dulu bagaimana fungsi rumah yang kamu inginkan. Artinya, kamu harus tahu apa tujuan yang ingin dicapai dari tiap kamar, dan mana yang prioritas harus dimiliki dan mana yang sekedar mempercantik saja. Mengetahui apa yang paling penting untukmu dan keluargamu artinya kamu juga harus bisa menyesuaikan antara keterbatasan anggaran dengan waktu yang dibutuhkan, tahu dimana yang harus ditiadakan dan mana yang harus didahulukan.

Sumber : bhg.com.au/7-common-renovation-regrets?category=renovating

Itulah artikel mengenai 7 Kesalahan Umum Renovasi Rumah . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.