Membangun Rumah di Jogja

Merenovasi Rumah Tips РMelibatkan arsitek dalam merenovasi rumahmu bukan hanya sebuah ide yang bagus namun juga bijak. Mengapa? Menyewa jasa arsitek bukan hanya sekedar menyediakan gambar yang bagus, namun ada hal lain yang tentu lebih dari itu.

Rumah merupakan salah satu tempat terlama dimana kita sering menghabiskan waktu sepulang kerja, untuk itu bagaimana sebuah rumah dirancang cukup berdampak besar terhadap bagaimana penghuninya bersikap dan yang dirasakannya. Itulah alasan mengapa terkadang rumah yang sudah kita huni beberapa tahun-pun perlu mengalami perubahan (renovasi) untuk menunjang kebutuhan yang mungkin berubah, serta untuk kenyamanan pemilik rumah. Oleh karena itu menyewa jasa ahli yaitu arsitek untuk memastikan bahwa rumah direnovasi dengan benar adalah sebuah keharusan. Berikut ini 7 alasan mengapa sebaiknya menyewa jasa arsitek untuk merenovasi rumah:

1. Arsitek yang baik dan berpengalaman dalam mendesain rumah akan menghemat biaya pengeluaranmu dan dapat mengarahkan dalam tiap proses renovasi rumahmu. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan renovasi, rekomendasi material maupun supplier, seorang arsitek memiliki pengalaman lebih banyak daripada kamu sebagai pemilik rumah yang mungkin tak punya latar belakang pengalaman maupun pendidikan terkait hal ini.

Merenovasi Rumah Kost 1 Lantai di Jogja
Merenovasi Rumah Kost 1 Lantai di Jogja

2. Arsitek mengerti teknis pembangunan maupun renovasi rumah dari perencanaan hingga prosesnya dan dapat membantu mempersiapkan segala hal yang tak kamu ketahui, sehingga kamu tak perlu kewalahan. Arsitek dapat memberi saran padamu ketika keputusan tertentu perlu dibuat dan dapat menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin tak kamu temukan jawabannya terkait rumahmu itu. Setelah proyek dimulai, terkadang ada banyak keputusan yang harus ditentukan dalam waktu singkat dann bila kamu tak segera punya jawaban, terkadang resiko pekerjaan mungkin saja terjadi seperti proyek akan mundur dan biaya membengkak. Hal-hal seperti ini bisa kamu hindari bila menyewa jasa arsitek ahli.

3. Seorang arsitek berpengalaman biasanya sudah punya koneksi atau setidaknya lebih mudah membangun relasi dengan kontraktor, supplier dan pelaksana pembangunan seperti mandor, tukang dan sebagainya yang terkait dengan jalannya pembangunan atau renovasi rumahmu karena sama-sama cukup memiliki pemahaman teknis tentang rumah atau bangunan secara umum. Jadi, komunikasi yang terjalin akan lebih baik dengan arsitek, dibandingkan denganmu sendiri.

biaya merenovasi rumah
Proses Merenovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai di Jogja

4. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa mengungkapkan biaya yang kamu miliki atau kamu akan alokasikan untuk merenovasi rumah kepada arsitek malah akan membuat proyekmu over budget, padahal hal ini tidak selalu benar. Mengapa? Bagi seorang arsitek, untuk dapat memberikanmu nasehat yang benar, mereka harus mengetahui biaya yang akan kamu keluarkan untuk proyek ini. Dengan mengetahui hal ini, arsitek akan dengan mudah mengarahkanmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan batasan budgetmu, bukan sekedar menerka-nerka yang banyak kemungkinan salahnya.

5. Arsitek tahu betul mana yang worth it dan mana yang tidak. Misalnya terkait material finishing dan sebagainya. Mereka dapat memberikan kamu saran terkait mana material yang finishing rumah yang sesuai budgetmu dan worth it untuk digunakan, dan mana yang tidak.

6. Arsitek yang baik akan netral dalam memandang sesuatu dan tak memihak, itulah mengapa mereka dapat menghasilkan ide-ide yang mungkin tak kamu pikirkan. Mereka akan menanyakan padamu tentang bagaimana kamu tinggal dirumah itu dan apa yang kamu harapkan setelah renovasi dilakukan. Hal ini mereka lakukan untuk menganalisis dan menemukan solusi terhadap masalah yang mungkin terjadi dalam waktu dekat atau di masa yang akan datang.

Terkadang orang merasa bila mereka mengungkapkan ide terhadap rumah mereka, hal ini akan mempengaruhi desain seorang arsitek, namun hal ini tak sepenuhnya benar. Semakin banyak informasi yang kamu berikan justru semakin baik, karena kamulah yang tahu rumahmu sendiri dan harusnya tahu betul apa yang ingin kamu ubah dalam rumahmu itu. Oleh karena itu, inilah pentingnya komunikasi yang baik dengan arsitekmu, agar mereka mengerti apa visi pada rumahmu itu dan mereka akan menawarkan solusi yang paling sesuai denganmu.

7. Arsitek tahu bagaimana mengidentifikasi hal-hal yang mungkin terjadi dimasa depan. Akan cukup sulit bagi arsitek untuk melihat bagaimana kamu “menggunakan” atau tinggal dirumahmu itu, namun arsitek bisa melihat area mana yang sebaiknya direnovasi tanpa mengesampingkan keinginanmu pada rumah itu serta meyakinkan bahwa rumahmu tak hanya bagus secara visual namun juga fungsionalnya.

Daripada membandingkan soal biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyewa jasa arsitek, sebaiknya kamu lebih fokus dan melihatnya dari pandangan investasinya. Artinya, semakin kamu meningkatkan propertimu, memaksimalkan ruang yang ada, dan bahkan bila ingin memperluas rumahmu, semakin baik kamu merancangnya tentu nilai rumahmu semakin meningkat. Dengan melibatkan arsitek dalam renovasi rumah, kamu bisa membuat rumah yang nyaman bagi dirimu sendiri maupun keluarga, meningkatkan nilai rumah secara materi, selain itu juga menghasilkan sesuatu secara maksimal yang mungkin tak bisa kamu lakukan sendiri.

Itulah artikel mengenai 7 Alasan Mengapa Melibatkan Arsitek Untuk Renovasi Rumah. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.