Bangun Rumah Kost 1 Lantai di Jogja Reka Persada Kontraktor wm

Tampilan rumah terlihat bagus tentu karena ada alasannya. Tidak hanya didesain secara profesional, rumah juga dihiasi dengan banyak tambahan lain atau diupgrade dengan berbagai peningkatan yang membuat harga rumah lebih tinggi. Bukan hal yang aneh jika sebuah rumah yang dijual, baru membuat para pembeli rumah tertarik setelah diberi beberapa tambahan ekstra pada rumah tersebut. Artinya, saat ingin mengupgrade rumah pilihlah bagian yang sekiranya dapat meningkatkan nilai rumah dari sisi untuk kemudahan lifestyle atau dari sisi nilai investasi saat akan menjualnya kembali.

Ada beberapa bagian rumah yang paling tepat untuk diupgrade jika pertimbangannya adalah ingin dijual kembali maupun untuk memudahkan lifestyle penghuninya :

Desain yang sustainable

Desain yang sustainable adalah desain yang mempertimbangkan kelestarian dan keseimbangan lingkungan mulai digalakkan beberapa tahun terakhir ini. Mulai dari penggunaan panel surya hingga lampu LED dan sebagainya. Menurut para ahli, mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sutainable akan memberikan manfaat dobel bagi pemilik rumah, pertama terkait menurunnya biaya listrik, kedua terkait dengan nilai tinggi pada rumah yang akan dijual kembali.

Penelitian telah menunjukkan bahwa desain yang sustainable menjadi aspek yang penting dalam memiliki sebuah rumah. Terlebih sekarang generasi milenial saat memilih rumah, lebih suka yang sustainable. Artinya segala sesuatu yang membuat rumah menjadi berkonsep sustainable/ramah lingkungan akan menjadi nilai tambah pada rumah tersebut.

Pembeli rumahpun sebaiknya memperhatikan terkait orientasi denah lantai karena mungkin kedepannya kamu ingin meningkatkan area ruang tamu rumahmu yang pastinya bisa menambah nilai rumah itu sendiri.

Dapur Rumah Tumbuh di Sleman Jogja
Upgrade area dapur dapat menambah nilai jual rumah | Gbr : Proyek Reka Persada

Upgrade Dapur dan Kamar Mandi

Sebaiknya jika ingin upgrade rumah, lakukanlah pada bagian yang memiliki daya tarik tinggi. Jika rencana kedepan adalah menjual kembali rumahmu, sedikit membelanjakan uang untuk membeli peralatan di dapur adalah salah satu langkah tepat karena dampak dari upgrade area ini akan sangat besar bagi calon pembeli rumahmu nanti.

Dapur adalah area jantung rumahmu karena disitulah kerap menghabiskan waktu seperti untuk memasak, makan, dan sebagainya. Kamu bisa mengupgrade meja dapur dengan material yang tahan lama dan timeless.

Memang, membeli barang-barang yang berkualitas tentu lebih mahal dan biasanya lebih awet, namun jika dirasa terlalu mahal sebaiknya memang kamu membeli barang-barang yang sesuai dengan anggaranmu saja.

Selain area dapur, kamar mandi juga layak diupgrade. Penggunaan alat yang modern misalnya shower model baru dan sebagainya juga mungkin perlu kamu pertimbngkan.

Rumah Dengan AC di ruang tamu
Rumah dengan AC di area ruang tamu | Gbr : comfortup.com

Sistem pendingin ruang

Memasang AC memang sebaiknya dilakukan saat pembangunan rumah, rumah yang ber-AC juga dinilai sedikit menambah nilai jual karena calon pemiliknya yang baru bisa memilih untuk menggunakan AC tanpa memasang sendiri dari awal.

Penggunaan AC adalah salah satu contoh dari mengupgrade rumah untuk menambah nilai jual meskipun perlu biaya perawatan karena melihat cuaca di Indonesia yang sering tak menentu misalnya udara terasa panas meskipun sedang musim hujan dan sebaliknya.

Area luar rumah yang cukup luas bisa dimanfaatkan sebagai taman jika upgrade
Area luar rumah yang cukup luas bisa dimanfaatkan sebagai taman, dsb
Gbr : Proyek Reka Persada

Area Luar Rumah

Calon pembeli rumah terkadang mempertimbangkan untuk memiliki area luar rumah yang cukup luas. Semakin banyak pencari rumah yang ingin memiliki rumah yang bisa dimanfaatkan area luar nya, misalnya sekedar untuk taman bermain bagi anak-anak mereka, sebagai area parkir, hingga area bersosialisasi.

Untuk itu, area luar rumah atau taman yang ditata dengan baik akan membuat sebuah rumah terlihat lebih menarik dibandingkan dengan rumah yang tak memiliki halaman. Nilai jualnya pun akan lebih tinggi.

Renovasi Rumah Bagian Kamar & Dinding Atap di Jogja Reka Persada wm
Rumah dengan garasi di bagian depan | Gbr : Proyek Reka Persada

Garasi atau Carport

Di era modern ini, sepertinya sudah banyak orang yang memiliki mobil sendiri sebagai mode transportasi mereka. Untuk itu memiliki garasi atau carport di rumah merupakan salah satu hal yang perlu kamu pikirkan. Meskipun dulu area garasi dianggap cukup mewah, namun kini garasi seperti sudah menjadi fitur umum pada sebuah rumah terutama yang berada di pinggir jalan. Jika kamu ingin mengupgrade lahan kosong pada area sekitar rumahmu, buat saja garasi. Garasi ini tak melulu difungsikan hanya untuk tempat menyimpan mobil/motor, namun bisa juga dimanfaatkan sebagai area indoor yang bisa fleksibe dibuat apapun untuk menambah nilai jual rumahmu.

Jika kamu baru berencana membangun rumah, sebaiknya pembuatan area garasi ini sudah kamu sertakan sekalian. Hal ini untuk membuat area garasi lebih cocok secara desain dengan rumahmu secara keseluruhan.

Terima kasih telah membaca artikel 5 Hal Layak Upgrade Jika Ingin Tingkatkan Nilai Rumah. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.