Pagar dan Taman Tanaman Untuk Eksterior Rumah

Kontraktor Jogja – Ketika ingin mempercantik eksterior rumah, yang paling banyak orang lakukan adalah mengecatnya. Memang, mengecatnya adalah hal paling pertama yang terpikirkan untuk memperbaiki tampilan eksterior rumah. Namun sekedar mengecatnya saja tidak membuat rumahmu berubah banyak.

Mengecat rumah dan membiarkannya begitu saja seolah-olah seperti kamu sedang memakai cardigan namun tidak mengubah baju dalammu atau tak menyesuaikan dengan aksesoris lainnya. Seperti layaknya ketika sedang memakai kemeja/jas rapi, tentunya kamu juga akan menyesuaikannya dengan menggunakan sepatu yang bagus pula, memperindah rumahpun harusnya begitu. Jadi, ketika tujuannya ingin mempercantik eksterior rumah, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan untuk menyesuaikan aspek lain pada eksterior itu dan bukan hanya sekedar “mengganti warnanya” saja dengan mengecatnya.

Meskipun warna rumah juga penting, namun presentasinya mungkin hanya 50%. Sementara itu, 50% sisanya adalah terkait dengan keseimbangan antara bentuk, furniture dan hiasan/pernak-pernik yang sesuai dengan style rumah tersebut. Berikut ini mungkin yang dapat kamu pertimbangkan :

Pagar dan Tanaman Untuk Eksterior Rumah
Pagar dan Tanaman Untuk Eksterior Rumah
Gbr : Proyek Rekapersada

Buat atau Perbaiki Pagar

Lihatlah rumahmu, seperti apa pagarnya, apakah bisa diupdate? Apa perlu dicat ulang? Adakah yang perlu diganti atau diperbaiki? Apa perlu diubah agar atau diperbarui agar lebih sesuai dengan arsitektur rumahmu? Mengapa pagar rumah? Beberapa orang berpendapat bahwa pagar dapat mendefinisikan sebuah rumah, jadi jika kamu tak memilikinya namun ada budget untuk itu, sebaiknya pasang-lah pagar.

Hiasi Serambi Rumah

Sekarang, beralihlah ke fisik rumahmu. Satu cara untuk membuat rumah lebih modern lagi dari sisi tampilan selain mengecatnya adalah menambahkan furnitur atau hiasan yang menarik perhatian. Kamu bisa melakukan hal kompleks seperti mengubah serambi, atau cukup hal simpel saja seperti meletakkan tanaman yang cantik didekat pintu masuk.

Perbaiki Taman

Bagaimana dengan taman? Apakah sudah cocok dengan style dan ukuran rumahmu? Rumah yang besar dengan material batu bata memerlukan tanaman yang lebih padat dan lebih besar, sedangkan rumah material mayoritas kayu sudah nampak cukup dengan hanya sedikit tanaman saja.

Pagar Yang Membuat Rumah Seolah Sempit Eksterior Rumah
Pagar Yang Malah Dapat Membuat Rumah Seolah Sempit
Gbr : ourgardenplan.com

Pastikan hiasan dari fasad rumah dan halamannya tak membuat rumah itu sendiri terlihat lebih “kecil”. Mengingat ternyata banyak juga rumah yang mengalami hal itu, dimana pagar malah memisahkan jalan masuk dari halaman depan, padahal akan memberikan ilusi rumah menjadi sempit. Contohnya seperti gambar diatas.

Furniture Outdoor Dari Material Kayu
Furniture Outdoor Dari Material Kayu
Gbr : pixabay.com

Tambahkan Furniture Outdoor

Mengubah tampilan outdoor dengan mengganti furniturenya dan beberapa tanaman dapat membuat terlihat fresh secara tampilan maupun feel-nya. Jika belum memikirkan area outdoor, segeralah mempertimbangkannya.

Pemasangan Paving Block Untuk Area Depan Rumah
Pemasangan Paving Block Untuk Area Depan Rumah
Gbr : Proyek Rekapersada

Percantik Jalan Masuk ke Rumah

Jalan masuk ke rumahmu (masih area halaman) adalah area yang cukup dapat mengubah tampilan rumah lebih baik jika diberikan sedikit perhatian. Namun, memperbaikinya biasanya butuh biaya tak sedikit misalnya dengan mengganti jalan masuk yang awalnya hanya tanah biasa diganti dengan paving block dan semacamnya.

Sumber : domain.com.au

Itulah artikel mengenai 5 Cara Percantik Eksterior Rumah Selain Mengecatnya . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.