Rumah 2 Lantai di Jogja Kamar Jendela Kaca

Sebuah rumah tentu harus membuat penghuninya merasa aman dan nyaman. Rumah seharusnya merupakan sebuah tempat untuk berlindung yang membuat penghuninya merasa damai dan memberikan nuansa yang positif yang hadir dari warna dan pilihan desain yang digunakan di rumah tersebut. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suasana hati penghuni rumah :

Bersih-bersih kamar sendiri setiap hari lebih efektif & efisien suasana
Rapikan Rumah Mulai dari Hal Kecil Seperti Merapikan Kamar Tidur Sendiri | Gbr : pinterest 

Kebersihan & Kerapian Rumah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rumah yang berantakan, maka penghuninya cenderung merasa tertekan atau merasa lelah dan depresi dibandingkan dengan penghuni rumah yang rapi, penghuninya dianggap lebih merasa tenang. Bersih-bersih dan merapikan rumah merupakan hal yang paling jelas dan paling mudah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesan positif saat tinggal di rumahmu. Misalnya saja sekedar menggunakan waktu 1 jam di rumah untuk memindahkan dan menempatkan barang-barang pada tempat yang seharusnya, membersihkan rak dan lemari hingga menyetrika pakaian.

Plafon Pink Cocok Untuk Kamar Anak
Penggunaan Warna Cerah Yang Terlalu Berlebihan
Gbr : pinterest
 

Penggunaan warna
Terdapat bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa warna-warna tertentu dapat meningkatkan suasana hati penghuni rumah. Warna tertentu dapat menimbulkan perasaan tenang dan meningkatkan kebahagiaan. Menggunakan warna yang tepat bisa membuat penghuninya merasa santai dan tenang hingga merasa ceria dan bersemangat. Pun sebaliknya, menggunakan warna yang keliru bisa membuat penghuninya merasa bosan, tegang dan bahkan merasa ingin selalu marah saat dirumah.

Lalu, warna apa yang sebaiknya digunakan? Dalam study yang dilakukan seorang peneliti mengungkapkan bahwa mayoritas responden memilih warna hijau muda, ungu muda, dan biru muda (warna-warna pastel) yang paling membuat santai & nyaman. Sementara itu, warna kuning kecoklatan dan coklat muda adalah warna yang menimbulkan ketenangan.

Untuk meningkatkan energi, warna kuning, orange dan pink sangat baik dalam menimbulkan perasaan riang gembira. Namun, warna-warna itu juga bisa membuat beberapa orang merasa tagang dan kesa. Untuk itu, jika ingin menggunakan warna cerah seperti kuning, orange dan semacamnya sebaiknya gunakan pada beberapa bagian saja misalnya di dinding aksen, warna hiasan dinding dan sejenisnya.

Untuk warna gelap dan berani seperti hitam dan abu-abu gelap, warna ini pada beberapa orang terkesan membosankan. Untuk itu, gunakan warna ini pada ruang tertentu saja yang ingin kamu hadirkan suasana senyap, mendung dan sejenisnya.

Pintu masuk rumah, kamar mandi dan powder room adalah tempat yang cukup cocok untuk mengimplementasikan warna-warna yang lebih gelap. Area ini tak terlalu sering kamu pergunakan, namun cukup berpengaruh dalam mengubah suasana hati tanpa harus berlama-lama berada disana.

Rumah 2 Lantai di Jogja Kamar Jendela Kaca Penghuni Rumah
Kamar Tidur Dengan Jendela Kaca Cukup Besar Untuk Dapatkan Cahaya Alami | Gbr : Proyek Reka Persada 

Pencahayaan
Banyaknya cahaya alami yang masuk ke rumah akhir-akhir ini menjadi semakin populer digunakan. Cahaya alami, tak bisa dipungkiri merupakan salah satu hal yang paling diinginkan orang-orang yang ingin membangun atau sedang mencari rumah. Pemilik rumah ingin memaksimalkan cahaya alami masuk ke rumah karena selain lebih sehat, juga lebih hemat.

Jika kamu berencana akan membangun rumah baru, dan rumahmu menghadap utara, buatlah jendela di sebelah timur, barat & selatan untuk mendapatkan cahaya alami. Selain itu jendela di utara-selatan juga akan membawa udara aliran udara yang bagus untuk sirkulasi didalam rumahmu.

Kebanyakan orang berpikir bahwa rumah menghadap ke timur adalah arah yang paling baik karena akan mendapatkan sinar matahari secara langsung dan melimpah di pagi hari. Hal ini benar adanya, namun tak sepenuhnya tepat karena sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan, namun saat siang hari sinar matahari mengandung UV yang menyebabkan kanker kulit. Siasati dengan tirai di siang hari jika rumahmu menghadap ke timur.

Sumber : domain.com.au

Terima kasih telah membaca artikel 3 Hal Ini Dapat Mempengaruhi Suasana Hati Penghuni Rumah. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.