Ruang Dengan Wewangian

10 Tips Mengurangi Anxiety Di Dalam Rumah – Kata anxiety (anxiety disorder) atau cemas/gelisah berlebihan sering kita dengar akhir-akhir ini. Terkadang banyak orang tidak menganggapnya serius jika orang lain sedang mengalaminya. Mungkin memang belum akan terasa serius jika kita tak merasakannya sendiri. Anxiety sendiri bisa dialami banyak orang karena berbagai alasan, tanda-tandanya juga tak jelas namun tiba-tiba saja orang yang mengalami ini bisa merasa tak bisa tidur, tiba-tiba merasa ketakutan saat akan pergi ke suatu tempat, tidak berani ke bioskop karena gelap dan sebagainya. Hal itu tadi merupakan beberapa contoh anxiety yang dialami beberapa orang.

Berbagai solusi untuk meminimalisir anxiety ini seperti mengurangi konsumsi kafein, perbanyak meditasi, hingga konsultasi dan minum obat tertentu dari dokter. Namun menghilangkan atau mengurangi anxiety dan stress dalam diri manusia sebenarnya tidak ada standar yang jelas bagi masin-masing orang. Namun ada beberapa penanganan agar masalah ini setidaknya bisa berkurang, misalnya dengan cara tinggal di rumah yang rapi dan minim gangguan seperti kebisingan, mengurangi junk food (terkesan sepele namun mempunyai dampak cukup besar terhadap anxiety yang kamu alami), dan sebagainya. Meskipun berbagai solusi yang ditawarkan mungkin tak cukup membantu kamu yang sedang mengalami anxiety, namun secara psikologis, rumah yang kita tinggali terkait erat dengan apa yang kita rasa dan pikirkan.

Semua orang tentu ingin menjadi lebih sehat, bahagia dan terhindar dari anxiety dan ternyata rumah yang kita tinggali berpengaruh akan hal tersebut. Namun sebenarnya apa yang cocok untuk diri kita hingga anxiety yang dialami menjadi berkurang, semua tergantung masing-masing individu. Meskipun begitu, setidaknya berikut ini kami berikan beberapa hal yang mungkin dapat membuatmu lebih tenang dan dapat mengurangi anxiety yang kamu alami :

Kamar Dengan Pencahayaan Alami Matahari
Kamar Dengan Pencahayaan Alami Matahari | Gbr : Proyek Reka Persada

Dapatkan Cahaya Yang Cukup
Paparan cahaya alami dari matahari membantu tubuh menghasilkan vitamin D, serotonin dan melatonin bahkan dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi stress yang mungkin mulai ada. Jika tak terlalu suka cahaya matahari karena menyilaukan, gunakan tirai gelap agar kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari sesuai keinginanmu. Jika ingin menggunakan lampu biasa, kamu bisa menggunakan lampu yang menghasilkan cahaya putih nan hangat.

Buat Dinding Agar Selalu Bersih dan Cerah
Mengecat adalah satu cara paling mudah dan murah untuk mengubah suatu ruang, jadi jika kamu ingin melakukan perubahan bisa dimulai dengan cat. Penelitian menunjukkan bahwa berapapun suhu sesungguhnya, terkadang kita akan merasa lebih dingin saat berada di ruang dengan warna yang “dingin” dan terasa lebih hangat saat ada di ruang dengan warna yang “hangat” pula. Itulah mengapa hal ini adalah salah satu cara membuat sebuah ruang menjadi comfort zone kamu.

Ingat-ingatlah warna apa yang menurutmu memiliki nilai sentimental tersendiri dan warna apa yang dapat menghindari kamu dari nuansa yang memicu respon negatif terhadap dirimu sendiri. Biasanya warna-warna yang nyaman untuk dilihat adalah warna yang tidak terlalu gelap maupun terlalu terang. Pastikan memilih jenis cat yang tidak bau dan tidak berbahaya.

Hiasi Kamar Tidur Sesuai Keinginanmu
Hiasi Kamar Tidur Sesuai Keinginanmu | Gbr : Pinterest

Pilih Motif Dengan Bijak
Pilih segala sesuatu yang ada di rumahmu dengan pertimbangan keseimbangan warna, tekstur dan pola/motifnya. Sebuah ruang yang terlalu sepi sama halnya dengan ruang yang terlalu banyak barang, sama-sama tak menarik. Jadi lebih baik keseimbangkan keduanya. Gunakanlah satu atau dua warna dan motif lalu ulangi ke seluruh ruang. Agar ruang terasa lengkap, tambahkan bantal atau vas bunga sebagai hiasan.

Gunakan Benda Melengkung
Banyak pakar psikologi mengungkapkan bahwa sudut yang tajam pada sebuah benda akan lebih menstimulasi otak daripada bentuk lainnya seperti bulat atau oval. Oleh karena itu, memiliki ruang dengan terlalu banyak sudutnya akan membuat seseorang semakin merasa stress. Jika tipe rumahmu berdesain minimalis yang mayoritas menggunakan bentuk bersiku, tambahkan beberapa furnitur atau hiasan yang memiliki bentuk melengkung untuk mempercantik rumahmu.

Ruang Dengan Wewangian Dapat Mengurangi Anxiety
Ruang Dengan Wewangian | Gbr : pxhere.com

Gunakan Wewangian & Suara
Penelitian menunjukkan bahwa lavender menenangkan namun hal ini tergantung selera masing-masing juga, jika kamu memang tak suka wangi lavender, lebih baik hindari. Pilih wewangian lain yang mungkin cocok untukmu. Untuk suara, kamu bisa membuat air terjun mini di halaman depan rumah. Saat merasa stress, kamu bisa keluar rumah dan duduk di teras lalu menikmati suara gemericik air dan akan merasa lebih tenang dari sebelumnya. Jika tak memungkinkan, kamu bisa menggunaakan suara musik yang cocok untuk kamu dengar saat butuh ketenangan.

Melihat Rumah Berantakan Semakin Memicu Stress
Melihat Rumah Berantakan Semakin Memicu Stress | Gbr : pinterest

Merapikan Rumah
Studi terbaru menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara ruangan yang berantakan dengan stress, penundaan dan ketidakpuasan dalam hidup. Untuk itu, tips merapikan rumah ala Marie Kondo perlu kamu terapkan. Hal ini sebaiknya segera kamu lakukan karena semakin tidak puas kamu dalam hidupmu, hal ini akan menimbulkan ketidakpuasan lain sehingga stressmu justru akan makin menumpuk.

Anxiety terjadi karena kita kehilangan kontrol diri, artinya kamu harus mengontrol apa yang ada disekitarmu agar sesuai apa yang kamu inginkan yang akhirnya dapat mengurangi anxiety yang kamu alami. Misalnya dengan cara mengatur tiap ruang seperti yang kamu inginkan, bukan karena saran/paksaan dari orang lain.

Memaksimalkan Area Outdoor Seperti Balkon
Memaksimalkan Area Outdoor Seperti Balkon | Gbr : pinterest

Maksimalkan Area Outdoor
Pada hakekatnya manusia memiliki koneksi tersendiri dengan alam. Itulah kenapa terdapat penelitian beberapa tahun lalu yang mengungkapkan bahwa dengan mendekatkan diri dengan alam dapat memulihkan energi fisik dan mental. Berada di area outdoor mengurangi tekanan darah dan membantu kita untuk fokus. Jika teras, balkon atau halaman belakang & depan rumahmu tak dimanfaatkan dengan baik, lakukanlah mulai sekarang dengan menambahkan furnitur seperti meja kursi untuk duduk disana menikmati hijaunya tanaman. Coba mulai habiskan waktu saat pagi hari di outdoor karena sinar matahari pagi membantumu menjadi lebih sehat.

Pelihara Hewan
Memiliki hewan peliharaan memang terkesan dapat menyebabkan stress, namun jika kamu menyukainya justru memelihara hewan akan mengurangi stress yang kamu miliki. Dengan memelihara hewan, kamu juga belajar berinteraksi sosial dandapat menurunkan tekanan darah serta membuatmu lebih berempati. Jika tak suka peliharaan seperti anjing atau kucing, kamu bisa juga memelihara ikan dalam akuarium.

Buat Ruang Menyatu Dengan Alam
Selain sebagai pembersih udara dan peredam stress, tanaman indoor juga memiliki bentuk alami yang tidak beraturan yang justru dapat membuat mata menjadi rileks atau lebih santai. Mulailah dengan tanaman yang minim perawatan seperti tanaman lidah buaya, sukulen dan sejenisnya. Jika kamu cukup berpengalaman terkait perawatan tumbuhan, kamu bisa mencoba tanaman hijau lain yang lebih besar dan lebat daunnya.

Gunakan Kursi Goyang
Mungkin kamu tak tahu bahwa ternyata kursi goyang juga memiliki manfaat yang tak kamu duga. Terdapat studi menunjukkan bahwa duduk bersantai di kursi goyang dapat melepaskan hormon endorfin, meningkatkan suasana hati sehingga dapat menurunkan cemas dan depresi.

Sumber : washingtonpost.com

Itulah artikel mengenai 10 Tips Mengurangi Anxiety Di Dalam Rumah. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.