Mengaduk Cat Sebelum Digunakan

10 Teknik Dasar Mengecat Dinding Rumah – Mengecat adalah salah satu cara untuk mengubah sebuah area menjadi sesuatu yang berbeda. Apapun jenis cat yang kamu pilih seperti cat biasa, glossy, satin dan sebagainya, pilihan warnalah yang paling penting karena hal ini dapat menstimulasi indera atau menciptakan rasa tenang. Namun untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna, kamu tak bisa mulai begitu saja tanpa perencanaan sebelumnya. Berikut ini 10 teknik pengecatan yang dapat membantumu melakukannya lebih baik dan lebih terencana :

Tren Warna Cat Pastel
Dapatkan Inspirasi Warna Cat Melalui Berbagai Sumber | Gbr : Pinterest

 

  1. Di tahap awal pengecatan, jangan asal mengaplikasikan ke dinding
    Saat memilih warna yang akan digunakan pada satu area, jangan asal pilih warna secara random dan langsung mengaplikasikannya ke dinding (swatches). Jika kamu melakukan asal-asalan, mungkin saja kamu nantinya akan menyesal telah memilih warna tersebut. Sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk memikirkan betul warna apa yang sebenarnya kamu sukai.Carilah inspirasi. Mulai dengan memperhatikan apapun yang menarik bagimu, yaitu sesuatu yang saat pertama kali melihatnya, kamu langsung menengok dan ingin melihatnya kembali. Hal ini bisa kamu lakukan saat berjalan-jalan keluar rumah, atau sekedar scroll berbagai gambar ruang atau rumah yang ada di media sosial lalu screenshot warna yang kamu sukai. Jika pilihanmu ternyata banyak, coba analisis sendiri apakah kecenderunganmu suka warna gelap, terang atau warna-warna pastel dan netral. Kerucutkan pilihanmu menjadi satu atau dua warna yang paling kamu sukai.
  2. Kesampingkan pemilihan warna, pertimbangkan furnitur dulu
    Warna cat tersedia banyak sekali, namun di ruanganmu tentu warnanya terbatas. Oleh karena itu, sebelum menentukan akan menggunakan warna apa, sebaiknya pertimbangkan dengan warna lain yang ada diruanganmu misalnya dengan lantai, kain, jendela dan aksesorisnya, dan berbagai hal lain yang sudah ada dan tak memungkinkan untuk diganti.Khususnya untuk rumah baru, banyak pemilik rumah mengecat dinding mereka terlebih dahulu, lalu baru memikirkan furnitur yang cocok digunakan di sebuah ruang dengan disesuaikan dengan warna dinding, padahal ini malah sulit dilakukan. Jika memungkinkan, lakukan ini sebaliknya. Mengingat warna cat sangatlah banyak, kamu bisa mencocokkan warna dinding sesuai dengan furnitur yang telah kamu pilih. Setelah dekorasi ruang telah dipilih, saatnya kamu mencocokan warna cat dinding dengan furnitur yang ada, maka hal ini lebih mudah dilakukan. Namun jika kamu melakukan ini, tentu ada juga kekurangannya yakni kamu harus menutupi atau menyingkirkan furnitur dulu saat melakukan pengecatan dinding. Berbeda dengan pembelian furnitur yang terakhir, kamu tak perlu repot karena hanya tinggal meletakkan sesuai keinginan.
  3. Gunakan sample warna
    Sekedar melihat katalog warna saja lalu menentukan warna apa yang disukainya mungkin cukup bagi beberapa orang. Namun, sample warna asli tetaplah yang paling akurat. Jika memungkinkan, kamu coba dulu beberapa warna yang menjadi pilihanmu ke satu papan polos untuk melihat warna aslinya saat diaplikasikan. Selain mengurangi kesalahan memilih warna, kamu juga bisa melihat bagaimana hasil dari warna itu terhadap cahaya alami maupun cahaya lampu yang ada diruanganmu apakah sudah sesuai keinginanmu atau belum.Saat kamu sudah mengerucutkan pilihanmu pada beberapa warna saja, coba beli warna cat yang kamu inginkan dalam jumlah yang sedikit saja sekedar untuk sample yang kamu aplikasikan ke papan percobaan. Lalu letakkan papan yang telah kamu aplikasikan beberapa warna cat ke ruangan yang kamu inginkan. Lihat bagaimana warnanya di siang dan malam hari. Dengan ini, kamu akan mudah menentukan warna apa yang paling cocok.
  4. Utamakan persiapan
    Persiapan adalah bagian terpenting dalam mengecat rumah. Sebelum mengecat, bersihkan permukaan dinding yang kotor hingga bersih dan kering. Selain itu jangan lupa gunakan cat dasar (primer) yang berfungsi untuk menutupi atau meratakan pori-pori dinding serta dapat membuat cat dinding merekat lebih kuat. Selain itu dengan menggunaakan primer, warna cat dinding akan terlihat lebih maksimal.

    Dinding Rumah Retak
    Segera Perbaiki Retak Rambut Dinding Agar Tidak Mengalami Keretakan Lebih Parah | Gbr : Pinterest
  5. Tambal retak rambut dan lubang
    Saat melihat dinding lama yang retak rambut atau berlubang kecil, jangan sekedar tutupi dengan lapisan cat lagi yang lebih tebal. Untuk permasalahan retak rambut, kamu bisa mengatasi retaknya dengan menambalnya menggunakan cat dasar, lalu keringkan dan cat kembali. Jika retaknya lebih parah, perlu penanganan lebih lanjut.

    Mengaduk Cat Sebelum Digunakan
    Mengaduk Cat Sebelum Digunakan | Gbr : thespruce.com
  6. Aduk cat sebelum menggunakannya
    Sebelum menggunakannya, cat harus diaduk dulu agar tidak menggumpal dan menghasilkan warna cat yang sama dan optimal. Aduklah beberapa menit sebelum mencelupkan kuas pada kaleng cat.
  7. Pilih waktu yang tepat untuk mengecat dinding
    Ada saat yang tepat kapan mengecat dan kapan sebaiknya tidak mengecat dinding rumah. Cat-lah rumah ketika temperatur udara tak terlalu panas atau dingin. Untuk pekerjaan cat interior, kamu tak perlu terlalu mengkhawatirkan tentang berapa suhu ruangan yang pas, berbeda dengan eksterior, beberapa yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut :
    – Lakukan pengecatan pada suhu 10-25 Derajat Celcius dengan kelembaban udara normal
    – Jangan mengecat dibawah sinar matahari langsung
    – Jangan mulai terlalu pagi atau terlalu siang dan hindari saat angin kencang karena dapat menyebabkan cat terlalu cepat kering dan tidak rapi

    Plamir Plafon Sebelum Dicat
    Sebelum Cat Dinding, Selesaikan Dulu Pekerjaan Plafon | Gbr : Proyek Reka Persada – Plamir Plafon Sebelum Dicat
  8. Buat rencana pengecatan
    Warna apapun nantinya yang akan kamu gunakan, terang maupun netral sebaiknya lakukan pengecatan plafon dulu sebelum mengecat dinding. Setelah mengecat plafon, cat juga list plafon, rapikan dengan kuas kecil. Setelah pekerjaan cat plafon selesai kamu bisa memulai mengecat dinding. Mulailah dari satu sisi dinding dulu agar mengurangi hasil goresan dinding. Gunakan roll agar lebih maksimal.

    Roll Untuk Mengecat Dinding
    Roll Berkualitas Baik Akan Membuat Hasil Cat Dinding Lebih Maksimal
    Gbr : Pinterest
  9. Jangan terlalu pelit
    Meskipun teknik sangatlah penting dalam hal pengecatan, namun alat yang dipakai-pun juga dapat menentukan bagaimana kualitas dari pekerjaan pengecatan dinding rumahmu. Gunakan roller cat yang berkualitas dan jangan pelit untuk membeli yang mahal karena mempengaruhi hasil cat dindingmu nantinya. Jika dalam kemasan cat terdapat saran penggunaan alat, patuhilah alat yang mereka sarankan.
  10. Jaga agar cat & alatnya tetap bersih
    Terkadang jika area yang dicat cukup luas, tak cukup sehari melakukannya. Saat istirahat dari kegiatan mengecat, pastikan kamu tak meninggalkan cat dan peralatan begitu saja. Pastikan tutup cat dengan rapat dan cuci peralatan cat hingga bersih. Jika kamu tak melakukannya, cat akan mengering dan jika digunakan kembali kemungkinan besar akan sulit mengaplikasikan cat secara merata.

Sumber : freshome.com

Itulah artikel mengenai 10 Teknik Dasar Mengecat Dinding Rumah . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.