Rumah Dengan Desain Kontemporer

Kontraktor Jogja – Membangun rumah di Jogja memang banyak pertimbangan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Hal paling dipertimbangkan yang pastinya orang tahu adalah tentang budget, namun selain itu ternyata terdapat hal lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan dengan matang yaitu terkait pemilihan jasa kontraktor di Jogja yang akan melaksanakan pembangunan rumahmu. Mengapa? Dana yang sudah kamu persiapkan yang pastinya tak sedikit, tentu harus diserahkan kepada orang yang secara professional dapat mengelolanya dengan memastikan bahwa rumah yang akan mereka bangun sesuai dengan apa yang kamu inginkan sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani bersama sebelum pelaksanaan proyek dimulai.

Untuk mencari jasa kontraktor, terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan misalnya kamu dapat mencari info ke teman atau kerabat terkait kontraktor mana yang mereka rekomendasikan, mencari info di internet dan sebagainya. Dari banyaknya kontraktor di jogja yang ada, terkadang tak semuanya bisa cocok dengan dirimu dan dengan segala keinginan terkait rumah impianmu tersebut. Lalu, bagaimana caranya menentukan bahwa sebuah kontraktor cocok denganmu atau tidak? Apakah mereka bisa dipercaya? Berikut ini beberapa tanda bahwa kontraktor yang kamu pilih sudah tepat :

Membangun Rumah oleh kontraktor jogja
Proses Membangun Rumah

Sibuk,
Jika sebuah jasa kontraktor jogja atau jasa bangun rumah tidak memiliki proyek, kamu harusnya bertanya-tanya, mengapa? Hal ini bisa dimaklumi jika perusahaan itu memang baru, tetapi jika itu bukanlah alasannya, tentu ada alasan lain yang mungkin saja negatif. Berhati-hatilah saat kamu menghubungi jasa bangun rumah dan mereka mengatakan bahwa mereka dapat langsung mengerjakan proyekmu. Perusahaan yang baik tentu memiliki reputasi yang bagus dan mereka biasanya memiliki klien yang sudah antri untuk menggunakan jasa mereka. Setidaknya mereka perlu men-schedule-kan kapan proyekmu bisa dimulai, disesuaikan dengan proyek lain yang sedang mereka kerjakan saat itu.

Namun Tidak Terlalu Sibuk
Proyek/pekerjaan yang sedang berjalan atau sedang mereka kerjakan sudah seharusnya memang diprioritaskan dulu dibandingkan pekerjaan yang baru, dan mendahulukan antrian yang lebih dulu daripada kamu, artinya proyek darimu seharusnya ada di list terakhir setelah mereka yang antri duluan. Berhati-hatilah agar kamu tak mendapatkan kontraktor jogja yang terlalu cepat memulai proyek, namun terlalu cepat pula menghilang beberapa minggu kemudian. Yakinkan dirimu pada kontraktor yang kamu pilih dengan menanyakan berapa banyak proyek yang sedang mereka tangani dan bagaimana mereka mengatur para pekerja mereka sebelum kamu tanda tangan kontrak dengan mereka.

Tepat Waktu
Jika kamu ingin mengetes apakah mereka tepat waktu atau tidak saat mengerjakan proyekmu nanti, lakukanlah tes sedari awal yaitu ketika kamu pertama kali bertemu dengan mereka. Jika kamu sudah membuat janjian dengan mereka untuk melakukan survey lokasi atau konsultasi perencanaan pada jam tertentu (dirumahmu misalnya) dan mereka terlambat, tentu kamu harus mempertanyakan bagaimana manajemen waktu mereka nanti. Memang hal ini terkesan sepele dan belum tentu bisa menjadi patokan terkait bagaimana proses pekerjaan pembangunan rumah oleh mereka, namun setidaknya kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa jika dari hal kecil saja mereka sudah tidak berkomitmen, takutnya saat kamu menyerahkan tanggungjawab yang lebih besar lagi yaitu membangun rumah impianmu dengan biaya yang tak sedikit, mereka belum tentu sanggup melakukannya dengan tepat waktu pula.

Jangan Asal Pilih
Jika kamu menemukan jasa kontraktor berdasarkan hasil rekomendasi dari seseorang yang kamu hormati atau percayai ini akan lebih baik karena tentu mereka merekomendasikan padamu karena sudah tahu betul apa yang mereka lakukan dan perusahaan tersebut memang kompeten. Namun pastikan jangan hanya sekedar rekomendasi dari temannya teman, tetapi harus memang dari orang yang kamu percayai secara langsung yang pernah menggunakan jasa perusahaan mereka dan puas dengan proses maupun hasilnya.

Sopan
Pastikan orang yang kamu temui, dari perwakilan perusahaan jasa kontraktor yang kamu pilih memiliki kepribadian yang sopan. Hal ini mungkin tak bisa menjadi patokan, karena tingkat kesopanan seseorang terkadang relatif dan subyektif penilaiannya, namun setidaknya mereka dapat menghargai kamu saat kalian bertemu atau berkomunikasi.

Menjawab Telepon Darimu
Perusahaan manapun tentu akan menjawab telepon konsumen dan bersikap professional saat ada yang menghubungi mereka untuk yang pertama kali. Tetapi, tes yang sebenarnya adalah bagaimana cara mereka merespon saat mereka tahu bahwa yang “mengejar” justru malah kamu sebagai klien. Jika perusahaan itu tidak menjawab panggilanmu atau tidak menelepon kembali kamu dalam beberapa hari, artinya mereka kurang respect dan tidak terlalu fokus pada kamu, kurang terorganisir tugas tiap karyawannya atau memang tidak tertarik mengerjakan proyekmu. Artinya, kini saatnya kamu mencari jasa bangun rumah lain.

Lakukan “Tes 5 Menit”
Biasanya, sebelum proses perencanaan desain rumah dimulai, terdapat perwakilan perusahaan misalnya arsitek, sipil atau sebagainya survey ke lokasi proyekmu. Untuk itu, ketika bertemu dan berkomunikasi dengan mereka coba ubah topik pembicaraan yang sedikit melenceng dari hal-hal terkait konstruksi pembangunan selama 5 menit saja dan lihat bagaimana cara mereka menanggapi pertanyaanmu. Lihat apakah komunikasi mereka cukup kompatibel denganmu dan apakah kamu nyaman dengan mereka. Karena lancarnya komunikasi juga turut menentukan bagaimana rumahmu nanti dibangun. Setidaknya dengan nyamannya berkomunikasi pada mereka, kamu tidak akan sungkan-sungkan bertanya bila ada sesuatu yang mengganjal di pikiranmu terkait proses perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan rumahmu nanti.

Denah Rumah Layout Oleh Kontraktor JogjaBerterus Terang
Jika budgetmu tak mencukupi atau lama pembangunan yang kamu inginkan terlalu singkat atau ide rumahmu tidak realistis, seharusnya perusahaan jasa bangun rumah yang kamu sewa itu berterus terang sedari awal. Beberapa perusahaan yang kurang baik justru malah membiarkan kondisi tersebut dan tetap melaksanakan sesuai keinginanmu tanpa mempertimbangkan dampaknya di belakang hanya karena ingin mendapatkan proyek baru dengan cepat. Padahal bisa saja efeknya dalam proses pembangunan nanti terjadi hal yang tak kamu inginkan misalnya ada biaya tambahan (addendum) yang harus kamu bayar, konstruksi kurang sesuai, proyek molor, hasil rumah tak seperti yang direncanakan di awal dan sebagainya.

Untuk menghindari hal diatas, sampaikan kepada kontraktor tersebut tentang keinginan, budget dan deadline yang kamu inginkan, jika mereka hanya bilang ya…ya… saja, jangan senang dulu, bisa saja memang apa yang kamu inginkan memang sudah sesuai standar mereka, namun bisa juga hal lain yang jadi penyebabnya seperti kemungkinan mereka sedang berbohong atau bahkan tidak cukup pengetahuan untuk tahu betul dengan apa yang kamu inginkan. Seharusnya ada feedback dari apa yang kamu inginkan dan disesuaikan dengan apa yang perusahaan itu standarkan.

Berinisiatif
Tentunya jasa kontraktor jogja akan menyesuaikan keinginanmu sebagai klien mereka. Tetapi, arsitek dari kontraktor yang baik tak hanya melulu mengikuti apa yang kamu inginkan saja. Artinya meskipun rumah tersebut milik kamu dan harus sesuai keinginanmu, kamu tetap harus tahu bahwa arsitek tersebut memiliki inisiatif mereka sendiri dalam artian, mereka memiliki beberapa ide yang mungkin lebih baik untuk rumahmu dan sanggup memberikan arahan atau nasehat seperti apa yang seimbang atau sejalan dengan keinginanmu.

Memiliki Brand/Perusahaan
Pelaksana pembangunan rumah sebaiknya memiliki brand/merk dalam artian dibawah nama sebuah perusahaan/cv bukan sekedar tukang saja. Karena yang sudah dibawah nama perusahaan tentunya mengutamakan kualitas bangunan yang efeknya berkualitas pula pada perkembangan bisnis mereka, selain itu mereka tentu akan lebih menghargai kepuasan konsumen pada pekerjaan pembangunan mereka. Cari website, atau lokasi kantor yang terkait dengan perusahaan yang akan kamu pilih untuk memastikannya.

Featured Image : Pinterest

Itulah artikel mengenai 10 Tanda Kontraktor Pilihanmu Sudah Tepat. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada РTelp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.